Mulai Menanam Anggrek ? Kenali 6 Media Tanamnya Berikut!

Media tanam anggrek memanglah istimewa ataupun tidak dapat langsung ditanam begitu saja di atas tanah. Apabila kalian lagi berencana menikmati eksotika anggrek, ada baiknya menguasai jenis media tanam yang pas. Kenapa media tanam sangat berarti untuk anggrek? Sebab perihal ini bisa pengaruhi pertumbuhan serta kualitas bunga istimewa ini. Pada media tanam yang pas hendak terdapat bunga yang mempesona. Berikut 6 media tanam yang sesuai untuk bunga anggrek, pelajari plus minusnya saat sebelum memilih supaya tumbuhan kalian berkembang optimal.

  • Sabut kelapa

Sabut kelapa merupakan media tanam anggrek yang sangat umum ditemukan. Banyak yang memilih ini sebab sabut kelapa mempunyai tenaga simpan ataupun tenaga tampung air yang betul- betul baik. Di samping itu, sabut kelapa pula memiliki bermacam faktor hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anggrek. Tetapi jangan lupa kalau sabut kelapa terbaik untuk anggrek hendaknya berasal dari kelapa yang sudah tua. Dan jangan lupa, saat sebelum digunakan, sabut kelapa hendaknya direndam ke dalam larutan fungisida supaya tidak diserang lumut ataupun serangga. Kemudian hendak ditaruh di area yang kering serta sejuk.

  • Pakis

Pakis sangat sesuai jadi media tanam anggrek. Kelebihan jenis ini ialah karena tidak mudah lapuk, tenaga kuncir air yang baik, serta memiliki drainase yang baik. Rendam terlebih dulu pangkal pakis dengan larutan pupuk NPK saat sebelum memakainya. Pakis yang sesuai untuk anggrek adalah yang berbentuk potongan tetapi yang tidak betul- betul halus. Pakis yang sangat halus malah merangsang kelembaban besar yang membuat pangkal tumbuhan bisa membusuk. Supaya bebas dari hama semut serta serangga, celupkan media pakis ke dalam larutan fungisida serta insektisida.

  • Arang kayu

Kelebihan media tanam arang kayu merupakan kemampuannya mengikat air secara baik. Kelebihan yang lain merupakan tidak mudah lapuk serta tidak mudah ditumbuhi cendawan serta kuman. Media bertabiat buffer yang berarti kesalahan pemupukan( kelebihan dosis pupuk) masih sanggup ditolerir. Tetapi, saat sebelum memakainya, ada baiknya merendam arang kayu dengan larutan pupuk NPK serta larutan fungisida buat menjauhi jamur.

  • Pecahan Genteng

Pecahan genteng pula sesuai buat media tanam anggrek. Media tanam ini umumnya diletakkan di bagian dasar pot( basic pot). Kelebihan media ini merupakan sebagai zona menempel ataupun menempelnya pangkal, memelihara kelembaban dekat pangkal, serta sebagai zona menampung konsumsi air. Pula mempermudah larutan faktor hara yang butuh buat pertumbuhan tumbuhan hias anggrek. Kelebihan yang lain antara lain tidak mudah lapuk serta sistem drainase serta aerasinya mencukupi baik. Cuma saja, media tanam ini mudah ditumbuhi lumut. Jangan takut, jika ini terjadi, lekas menggantinya dengan media tanam baru.

  • Serutan kayu

Kelebihan media tanam serutan serta potongan kayu merupakan sistem aerasi serta drainasenya yang baik, sehingga sesuai buat anggrek. Media ini sangat sesuai buat jenis anggrek terestrial( tipe bunga anggrek tanah). Cuma saja, media ini memiliki kekurangan ialah terbatasnya faktor hara Nitrogen. Proses pelapukan fasilitas ini berlangsung lama karena kayu banyak memiliki senyawa yang susah terdekomposisi, seperti selulosa, hemiselulosa, serta lignin. Oleh karena itu, rendam terlebih dulu serutan serta potongan kayu dengan pupuk urea serta TSP serta larutan pestisida buat hasil terbaik serta penangkalan dari hama.

  • Moss kadaka

Kadaka merupakan jenis tumbuhan marga paku- pakuan, wujudnya menyamai rumput. Moss Kadaka berkembang serta menempel pada batang tumbuhan besar yang terdapat di hutan. Kadaka biasanya dijadikan sebagai media tanam bunga anggrek epifit ataupun terestrial. Dikala lapuk, jaringan tumbuhan ini memiliki faktor hara yang dibutuhkan bunga anggrek. Kelebihan yang lain merupakan media ini bisa mengendalikan kelembapan, biar tidak mudah menjadikan pangkal pada tumbuhan bunga anggrek membusuk. Media ini pula bisa awet dan bisa digunakan buat waktu yang lama. Semacam media tanam yang lain, buat menahan serbuan penyakit, saat sebelum digunakan, hendaknya direndam di dalam larutan fungisida.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai media tanam bunga anggrek, semoga bermanfaat.

Untuk pemesanan Bibit Bunga Anggrek silahkan klik di Sini =>

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?