Suka Berkebun? Ini Dia Cara Merawat Anggrek Agar Tetap Subur

Berkebun dapat dijadikan hobi baru yang mengasyikkan. Nah, kalian dapat mengawali dengan berupaya menanam tumbuhan hias, semacam bunga anggrek.

Anggrek ialah tumbuhan hias yang sangat banyak ditanam. Tumbuhan ini dapat ditanam di dalam pot ataupun ditempel, sehingga dapat membuat cantik rumahmu pula. Asalkan mereka mempunyai keadaan perkembangan yang pas, tidak susah buat belajar gimana menjaga tumbuhan anggrek.

Buat kalian yang berencana mengawali hobi berkebun, berikut panduan menjaga anggrek yang kami rangkum dari bermacam sumber.

Anggrek dapat dibudidayakan di dalam pot ataupun ditempel ke papan ataupun batang tumbuhan. Berikut merupakan metode menanam bunga anggrek di dalam pot.

Langkah- langkah menanam bunga anggrek di dalam pot:

  • Memilih bunga yang unggul serta bebas dari penyakit serta hama.
  • Siapkan pot buat menanam bunga anggrek. Dianjurkan buat memakai pot yang dibuat dari tanah liat serta pot tersebut mempunyai lubang- lubang kecil berdiameter sekitar 2 centimeter( buat menolong perputaran serta memudahkan aerasi dan drainase).
  • Isi pot dengan media tanam. Media tanam bunga anggrek dapat dibuat dari kombinasi sebagian media tanam, semacam pecahan batu bata ataupun genteng, batang pakis, serutan ataupun potongan kayu, sabut kelapa, serta arang kayu.
  • Tambahkan pupuk organik. Bila telah agak besar pindahkan ke pot yang lebih besar
  • Tambahkan penyangga yg dibuat dari kawat bila anggrek telah di pindah ke pot yang lebih besar

Tidak hanya dalam pot, kalian pula dapat menanam bunga anggrek dengan menempelnya di batang tumbuhan. Bunga anggrek yang ditempel di batang tumbuhan akan nampak lebih menarik serta natural. Berikut merupakan metode menanam serta menjaga bunga anggrek di batang tumbuhan.

Langkah- langkah menanam bunga anggrek dengan ditempel di batang tumbuhan:

  • Bunga anggrek epifit dapat ditanam pada batang tumbuhan yang hidup maupun mati. memilah tumbuhan hidup, lalu tentukan tumbuhan yang berkulit batang lumayan tebal supaya tidak gampang terkelupas. Sebagian tumbuhan yang memiliki kriteria pada batang tersebut merupakan jambu air, mangga, asam jawa, nangka, serta rambutan.
  • Saat sebelum ditempelkan, batang tumbuhan wajib ditempel dengan media yang dapat mengikat air semacam sabut kelapa, potongan pakis, ataupun ijuk.
  • Tumbuhan anggrek yang hendak ditempel dapat berasal dari tumbuhan muda( ataupun tua), anakan, ataupun bibit kompot.
  • Bila memakai tumbuhan muda serta bibit dari kompot, saat sebelum ditempel, potong sebagian akarnya kemudian mencuci bersih gunakan air. Setelah itu celupkan bibit ataupun pangkal tumbuhan muda ke dalam dalam larutan fungisida sepanjang satu dua menit serta celupkan lagi ke dalam larutan pengatur tumbuh dengan waktu yang sama.
  • Setelah langkah pencelupan berakhir, berikutnya tempelkan tumbuhan bunga anggrek pada tumbuhan yang pilih.

Setelah ditanam, kini saatnya melaksanakan perawatan supaya bunga anggrek dapat berkembang dengan baik serta optimal. Langkah perawatan awal merupakan penyiraman sebab bunga anggrek hendak mati bila kekurangan air.

Metode menjaga anggrek supaya produktif serta berbunga dengan teratur penyiramannya:

  • Air yang digunakan buat menyiram dapat dari air ledeng, air sumur, ataupun air hujan. Jangan pakai air yang telah bercampur dengan bahan kimia ataupun air kali sebab dapat membatasi perkembangan anggrek.
  • Siramlah anggrek 2 kali satu hari bila cuaca lagi panas, pagi serta sore hari. Jangan menyiram anggrek terlalu sering dikala hujan sebab bila kebanyakan air dapat merangsang pembusukan pangkal. Dikala hujan, jangan menempatkan anggrek di luar rumah supaya tidak terpercik air hujan menerus.

Biar anggrek sering berbunga, perhatikan pula cahaya matahari yang menyinari tumbuhan anggrek. Taruh tumbuhan anggrek di tempat yang tidak terserang cahaya matahari langsung. Jika memeliharanya di dalam ruangan, gantilah pencahayaan matahari dengan lampu dengan begitu tumbuhan anggrek hendak berkembang dengan baik serta menarik.

Metode menjaga anggrek supaya produktif serta berbunga selanjutnya merupakan perhatikan kelembapan udara. Anggrek akan berkembang dengan cepat bila kelembapan udaranya sekitar 60- 80%. Jadi kalian wajib terus memantau konsumsi air tumbuhan anggrek serta pencahayaannya.

Pemberian pupuk buat anggrek pula dapat membuat tumbuhan anggrek berkembang dengan baik. Pemberian pupuk anggrek tidak boleh sembarangan, takaran serta tipe pupuk yang diberikan haruslah cocok dengan keadaan tumbuhan. Pemberian pupuk dapat dicoba sebanyak 3 kali seminggu.

Salah satu hambatan yang dapat menghindari tumbuhan anggrek kalian berkembang produktif ataupun berbunga merupakan serbuan hama serta penyakit. Ya, anggrek wajib giat dibersihkan dari kotoran, gulma, ataupun dedaunan yang busuk.

Untuk pemesanan Bibit Bunga Anggrek silahkan klik di sini =>

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?