Tips Cara Menanam Anggrek Dalam Botol

Menanam Anggrek Dalam Botol lagi jadi tren di golongan pembudidaya bunga orchid ini. Tidak lain merupakan sebab kemudahan kontrol serta tingkatan keberhasilan yang lumayan besar.

Salah satu bunga yang sangat banyak disukai kalangan wanita merupakan bunga anggrek. Wujud serta corak bunga anggrek sangat menawan serta menawan. Umumnya, bunga anggrek ditanam bagaikan hiasan di taman ataupun pagar rumah.

Terdapat bermacam berbagai metode menanam bunga anggrek, di antara lain menanam dalam botol. Harga bibit anggrek botol dekat Rp25. 000- Rp30. 000 per- botol. Kamu dapat mendapatkannya di kios pertanian.

Biar bunga anggrek dalam botol bisa berkembang optimal, Kamu butuh memilah bibit yang baik. Identitas bibit yang baik ialah, daunnya produktif, berbunga rimbun, batangnya kokoh serta nampak fresh.

Postingan ini dibagi jadi 5 bagian. Kamu dapat memilah salah satu ataupun( aku sarankan) membaca seluruhnya.

  1. Membersihkan Dahulu Saat sebelum Menanam
  2. Mulai Menyemai Benih
  3. Membuat Media Tanam
  4. Memindahkan Bibit Anggrek dari Botol ke Media Tanam
  5. Metode Menjaga Bunga Anggrek

Gimana proses budidaya anggrek dalam botol, simak langkah- langkah berikut ini. Check it!

Sterilkan Dahulu Saat sebelum Menanam

Telah memperoleh bibit anggrek yang bagus? Saat ini, jalani sterilisasi pada bibit anggrek yang hendak disebarkan dalam botol yang lain. Buat bahan- bahan sterilisasi, siapkanlah air kaporit dengan perbandingan tiap 10 gr kaporit dilarutkan dalam air 100 cc, aquades, kertas filter serta spirtus.

Awal, saringlah air kaporit tadi memakai kertas filter. Kemudian, masukan air kaporit serta biji anggrek ke dalam botol. Kocoklah botol sampai corak larutan di dalamnya berganti jadi corak kuning kehijauan. Jalani sepanjang kurang lebih 10 menit.

Sehabis itu, buang air kaporit serta tuangkan aquades. Kocok lagi semacam tadinya hingga 2- 3 kali. Setelah itu, panaskan leher botol di atas spirtus. Tujuan pemanasan supaya bakteri serta kuman yang merugikan bisa lenyap.

Selanjutnya, siapkan botol buat wadah penanaman. Terlebih dulu, sterilkan botol dengan metode memanaskan di atas spirtus. Jika telah lumayan, masukan biji anggrek dengan mengenakan pipet ke dalam botol. Panaskan ulang sebentar saja. Jangan kurang ingat tutup botol yang berisi anggrek.

Mulai Menyemai Benih

Proses sterilisasi telah berakhir, saat ini saatnya menyemai( menam benih) benih. Saat sebelum disemai, perhatikan dahulu isi bijinya. Jika isinya kosong, berarti anggreknya bercorak putih. Kebalikannya, bila terdapat isinya, rupanya hendak bermacam- macam. Bisa jadi kuning, merah, coklat serta lain- lain.

Botol buat menyemai benih hendaknya seleksi yang berdimensi lebar serta tidak bercorak. Kenapa wajib yang tidak bercorak? Sebab dengan botol tidak bercorak, Kamu hendak gampang mengendalikan pertumbuhan bibit anggrek. Tidak hanya itu, matahari hendak gampang masuk ke dalam botol sehingga menunjang perkembangan bibit.

Masukkan bibit anggrek ke dalam botol.

Sehabis seluruh bibit anggrek masuk, tutuplah botol dengan memakai kapas. Tutup serapat bisa jadi hingga keras. Jika butuh, diikat mengenakan tali supaya kencang serta mudah melepasnya kembali.

Berikutnya, Kamu siapkan lemari kaca yang steril. Jalani sterilisasi dengan metode menyemprotkan alkhohol ke dalamnya. Kemudian, sisipkan tablet formalin di dalam lemari buat menghindarkan kontaminasi kuman merugikan. Jika telah siap seluruhnya, atur botol- botol berisi anggrek ke lemari.

Membuat Media Tanam

Media tanam anggrek bisa Kamu beli di kios pertanian. Bila Kamu sanggup, hendaknya buat sendiri saja. Bahan- bahan buat media tanam ialah, Ca( NO3) 2H2O 1 gr, MgSD47H2D 0, 25 gr, KH2PO4 0, 25 gr,( NH4) 2SO4 0, 25 gr, FeSO4 4 H2O 0, 25 gr, saccharose 20 gr, MnSO4 0, 0075 gr, aquades 1000 cc serta agar- agar 15- 17, 5 gr. Pemakaian bahan- bahan tersebut memakai formula Khudson C( NORTHEN) 12.

Nantinya media tanam tersebut hendak dipakai dikala anggrek botol dipindahkan ke dalam pot. Memanglah sedikit ribet, tetapi kerepotan Kamu hendak terobati kala anggrek telah berkembang.

Memindahkan Bibit Anggrek ke Media Tanam

Saatnya Memindahkan ke Dalam Pot. Saat sebelum itu, Kamu wajib menghasilkan bibit anggrek dari dalam botol. Metode sangat mudah merupakan dengan memasukkan air ke dalam botol. Hati- hati ya, amati video ini.

Anggrek yang sudah disemai, dibiarkan sebagian waktu kemudian dipindahkan ke dalam pot. Anggrek dipindahkan kala telah mulai tumbuh serta keluar akar- akarnya.

Saat sebelum memindahkan anggrek, buatlah lubang pada pot. Sehabis itu, siapkan media tanamnya. Media tanam terdiri dari pangkal pakis bercorak coklat serta pecahan genting. Cucilah pangkal pakis hingga bersih serta keringkan sampai airnya lenyap.

Kemudian, siapkan kombinasi media tanam berbentuk urea 0, 50 gr, TS 0, 25 gr, kalium sulfat 0, 25 gr serta air 1000 cc. Bila seluruh sudah ada, gabungkan bahan- bahan tersebut dengan pangkal pakis serta rendamlah sepanjang kurang lebih 24 jam.

Sehabis 24 jam, media tanam telah dapat dipakai. Letakanlah pecahan genting, pangkal pakis serta campurannya ke dasar pot. Bunga anggrek siap dipindahkan ke dalam pot.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hubungi Kami
Butuh Bantuan?
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?