Tips Berhasil ! Cara Menanam Sayuran di Polybag

Indosuplai.com-

Menanam dengan menggunakan polybag tergolong cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah. Sebagai pengganti pot yang murah meriah, polybag banyak digunakan oleh para ibu rumah tangga dalam memanfaatkan halaman rumah untuk menanam sayuran. Lain halnya dengan masyarakat kota yang umumnya tidak memiliki halaman rumah, seringkali menanam dengan menggunakan polybag menjadi kesulitan tersendiri. Namun, jika sudah diketahui teknik dan cara yang tepat menanam sayuran di polybag akan terasa mudah bahkan bisa menjadi usaha yang menjanjikan.

Sumber : indosuplai.com

Namun, beberapa orang mengalami kesulitan untuk berbudidaya sayuran dikarenakan tidak adanya lahan untuk bercocok tanam. Khususnya yang berada di kota-kota besar yang umumnya tidak memiliki pekarangan rumah untuk ditanamai sayuran. Bagi anda yang mengalami kesulitan yang sama, solusi yang tepa yaitu berbudidaya dalam polybag. Polybag dipilih karena tidak membutuhkan lahan yang luas dan juga bisa dipindah-pindah.

Awalnya, menanam sayuran dalam polybag merupakan pekerjaan yang dilakukan hanya untuk mengisi waktu senggang. Namun, lambat laun berbudidaya sayuran dalam polybag berkembang menjadi bisnis rumahan yang dilakukan dalam skala besar. Jangan salah, budidaya sayuran dalam polybag ini dapat mendatangkan untung yang cukup banyak bahkan hingga jutaan rupiah perpanennya.

Tips Berhasil ! Cara Menanam Sayuran di Polybag

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan budidaya sayuran organik di polybag, sebagai berikut :

  • Menyiapkan media tanam

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika akan berbudidaya sayuran dalam polybag yaitu menyiapkan terlebih dahulu media tanamnya. Media tanam ini menjadi salah satu faktor dalam pertumbuhan tanaman dan mempengaruhi hasil produksinya juga. Fungsi dari media tanam itu sendiri yaitu untuk menopang tanaman, sebagai tempat akar tanaman berkembanga dan tumbuh, serta menyediakan nutrisi untuk tanaman.

Bisa juga menggunakan media tanam tanah, kompos/humus, arang sekam dan serabut kelapa.

  • Pemilihan Jenis Tanaman

Terdapat berbagai jenis bibit unggul sayuran yang tersedia. Pilihlah bibit sayuran yang tahan penyakit dan perawatannya mudah seperti ketela, kangkung, daun selada atau sayuran yang mudah dibudidayakan seperti sawi putih, sawi dan baby bok choy dan lain-lain. Ada bisa membeli bibt sayuran yang baik di toko pertanian atau di toko online juga sudah banyak, KLIK DISINI untuk membeli bibit unggul terpercaya.

  • Persemaian bibit sayuran

  1. Tanah dan pupuk terlebih dahulu di homogenisasi setelah itu diletakkan pada wadah nampan atau ember
  2. Benih ditanam pada wadah persemaian dengan jarak sekitar 1-3 cm
  3. Siram rutin pagi dan sore dengan air yang cukup
  4. Lamanya persemaian ini sekitar 2-3 minggu tergantung pada jenis tanamannya
  • Menanam bibit sayuran

Selanjutnya yaitu menanam bibit sayuran ke dalam polybag. Untuk penanamannya, anda bisa membuat lubang di tengah polybag sedalam kurang lebih 5cm, lalu tanamkan bibit sayurannya. Selanjutnya tutup bagian pinggir bibit hingga bibit tertanam sempurna.

Langkah penanaman :

  • Setelah masa persemaian selesai, tanaman dipindahkan dari persemaian ke polybag yang telah diisi media tanam berupa tanah dengan pupuk kandang atau kompos
  • Terkadang ada beberapa jenis tanaman yang tidak perlu disemaikan terlebih dahulu jika begitu langsung saja benih ditanam dalam polybag
  • Perawatan yang harus dilakukan selama masa penanam ini diantaranya penyiraman secara rutin pemberian pupuk secara berkala, dan penanggulangan hama dan penyakit
  • Perawatan sayuran

Langkah terakhir yang harus anda lakukan yaitu perawatan sayuran. Salah satu perawatan yang harus anda lakukan yaitu membersihkan gulma yang tumbuh disekitar sayuran. Selain itu, pengusiran hama juga penting dilakukan agar sayuran tumbuh lebih subur. Tak lupa juga selalu rutin menyiramnya disore hari untuk kebutuhan nutrisinya.

Cara Budidaya Sayuran dalam Polybag

Sumber : indosuplai.com

Demikianlah ulasan kami terkait cara menanam sayuran di polybag yang benar . Semoga Anda dapat terinspirasi untuk juga ikut menanam sayuran di polybag untuk mendapat hasil sayuran yang sehat untuk di konsumsi.

Semoga artikel berikut dapat membantu anda untuk membudidayakan sayuran dengan polybag dengan baik ? .

Anda berminat menanam dan membudidayakan sayuran di polybag, kami menyediakan bibit sayuran unggulan untuk menjadi bibit pilihan untuk kebun sayuran anda. Info dan Pemesanan Klik Dibawah ini

Kunjungi website kami KLIK DISINI>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *