RUMPUT ODOT Untuk Pakan Ternak ! Keuntungan Para Peternak jadi Lebih Meningkat

Indosuplai.com-

Pakan hijauan adalah pakan utama bagi ternak ruminansia seperti sapi, kerbau, domba dan lainnya yang terdiri dari rerumputan, kacang-kacangan dan dedaunan. Pakan hijauan juga berasal dari limbah pertanian seperti jerami padi, daun jagung, pucuk tebu dan lainnya.

Sumber : indosuplai.com

Kebutuhan hijauan akan semakin banyak sesuai dengan bertambahnya jumlah populasi ternak yang dimiliki. Kendala utama penyediaan hijauan pakan untuk ternak adalah ketersediaan yang tidak tetap sepanjang tahun. Pada saat musim penghujan produksi hijauan pakan ternak akan melimpah, sebaliknya saat musim kemarau tingkat produksinya akan rendah bahkan tidak berproduksi sama sekali. Salah satu pakan hijauan ternak yang paling mudah ditemukan adalah rumput yang biasanya berasal dari rumput liar di pinggir jalan maupun sungai, hutan bahkan  yang banyak tumbuh di perkebunan.

rumput odot sebagai pakan ternak

Sumber : indosuplai.com

Keuntungan para peternak semakin meningkat setelah diberikan pakan rumput odot. Kandungan gizi rumput odot mampu meningkatkan berat badan ternak anda sehingga waktu penggemukan pun semakin pendek.

Rumput odot memiliki tinggi 40-75 cm, lebih pendek dibandingkan rumput gajah. Jarak ruasnya 1-4 cm, serta memiliki batang yang lunak. Hasil analisis laboratorium kandungan gizi rumput odot lebih tinggi dibandingkan rumput gajah biasa. Kandungan protein rumput odot 11%, sedangkan rumput gajah biasa hanya berkisar antara 6-8%. Kandungan protein tertinggi dihasilkan dari umur tanaman 60 hari.

Dibandingkan rumput lapang, rumput odot juga lebih unggul. Rumput odot memiliki tekstur yang lembut dan palatabilitas yang baik dibandingkan rumput lapang. Keunggulan lain rumput odot mudah dibudidayakan, produksi mencapai 250 ton/ha, dan umur panen setiap 40 hari atau setiap 7 sampai 8 minggu.

Pengembangan penanaman dan pemeliharaan  rumput odot, diharapkan bisa mendukung program kemandirian usaha bagi para peternak melalui usaha kolektif skala usaha kecil ke peternakan dengan skala usaha menengah dan besar. Dengan pemanfaatan ketersediaan pakan yg lebih murah dan bermutu, selain itu akan menekan biaya pemeliharaan sapi atau ternak lainnya juga akan menumbuhkan gairah peternak untuk beternak secara serius bukan hanya suatu pekerjaan sampingan.

Sumber : indosuplai.com

  • Syarat Untuk menama rumput odot sebagai pakan ternak:

Rumput Gajah Odot memerlukan Sinar matahari penuh atau minimal 40%. Rumput  odot ini bisa tumbuh pada sinar matahari dengan intensitas kecil sekitar  30-40 % tetapi dari jumlah anakan dan umur panen lebih lama. Rumput ini bisa menyesuaikan diri atau beradaptasi  pada  berbagai macam jenis lahan meskipun hasil panennya akan berbeda.

  •  Spesifikasi Bibit Rumput Odot Untuk Ditanam:
  1. Panjang stek minimal 20 cm
  2. Berbatang besar, halus, dan tidak berbulu
  3. Warna hijau kekuningan
  4. Layak untuk tanam
  5. Kemungkinan gagal tanam kecil
  6. Umur sudah tua.

Baca juga artikel CARA MENANAM RUMPUT ODOT DI SINI>>>

Maka dari itu keberhasilan usaha ternak sapi, kambing dan domba sangatlah bergantung dari ketersediaan pakan hijauan dengan jumlah cukup serta nutrisi yang banyak.

Sumber : indosuplai.com

Demikianlah ulasan kami terkait meningkatkan hasil peternakan menggunakan rumput odot untuk pakan ternak. Semoga anda menjadi lebih tau tentang banyak manfaat dari  berbagai khasiat yang dikandung rumput odot ?.

Jika anda berminat menanam dan membudidayakan rumput odot untuk pakan ternak, kami menyediakan bibit rumput odot unggulan untuk menjadi bibit pilihan untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak anda. Info dan Pemesanan Klik Dibawah ini

Pemesanan Bibit rumput Odot Kunjungi website kami KLIK DISINI>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *