Potensi Rumput King Grass Meningkatkan Hasil Ternak dan Memenuhi Kebutuhan Pakan

Indosuplai.com-

Jenis rumput yang sangat baik untuk digunakan sebagai hijauan pakan ternak adalah rumput raja. Rumput raja ini kalau nama latinnya adalah Pennisetum purpureum x Pennisetum thypoides.

Untuk memelihara sapi, kerbau, kambing ataupun jenis ruminansia lainnya, hijauan pakan ternak merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh peternak di dalam menyelenggarakan usaha peternakannya. Karena jenis ruminansia pada habitat aslinya pakan utamanya adalah hijauan.

Sumber : indosuplai.com

Salah satu jenis tanaman rumput dengan tingkat produksi tinggi adalah rumput raja yang telah banyak dikembangkan oleh peternak. Rumput raja mempunyai nama latin Pennisetum purpuphoides atau disebut juga dengan nama king grass. Rumput raja adalah jenis rumput baru yang merupakan hasil persilangan antara rumput gajah (Pennisetum purpereum) dengan pennisetum typhoides.

Ciri ciri dari rumput raja

Rumput raja termasuk tanaman berumur panjang, tumbuh tegak, berbentuk rumpun, perakarannya dalam dan tingginya dapat mencapai 4 meter. Rumput ini berbatang tebal dan keras, dan setelah tua daunnya lebar dan panjang dimana tulang daunnya keras.

Nutrisi rumput raja vs rumput gajah

Kandungan nutrisi rumput raja sedikit lebih tinggi dibandingkan rumput gajah. Misalnya kandungan protein kasar dari rumput gajah adalah sekitar 9%. Bisa anda lihat di artikel saya sebelumnya. Sedangkan protein kasar dari rumput raja adalah sekitar 11%.

Kandungan nutrisi rumput raja adalah Protein kasar 11,68% , Serat Kasar 25,48 , Ca 0,37% dan P 0,39% . Namun ada sumber lain yang menyatakan nilainya sedikit berbeda.

Perbedaan tersebut adalah kandungan dari rumput raja memiliki bahan kering 19.94%, protein kasar 12.23% dan bahan organik 88.83%.

Kenapa nilai ini berbeda-beda? Ini wajar karena kandungan nutrisi suatu bahan pakan dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Khususnya hijauan, seperti rumput gajah, rumput odot dan rumput raja, usia pemanenan, kondisi tanah, cara penanaman dan dosis pemupukan sangat mempengaruhi nilai kandungan nutrisinya.

Keunggulan Rumput Raja ( Kingg Grass )

Produksi rumput raja dua kali lebih tinggi dari pada rumput gajah varietas hawai, sedangkan rumput gajah varietas Afrika tiga kali lebih tinggi. Persentase berat daun rumput raja juga lebih tinggi dari pada rumput gajah varietas hawai maupun Afrika, dan hal ini didukung dengan kandungan zat yang cukup baik yaitu : berat kering 22,40%; protein kasar 13,50%; serat kasar 34,10% (Siregar, 1994)Rumput Raja mempunyai keunggulan yaitu lebih disukai ternak, relatif lebih cepat dipanan dan tahan kering. Pemotongan rumput Raja pertama kali pada umur 2 sampai 3 bulan dan selanjutnya tiap 6 minggu sekali, kecuali pada musim kemarau interval pamotongannya diperpanjang.

KESIMPULAN

Rumput raja merupakan sumber pakan hijau terbaik untuk ternak ruminansia. Hasil produksi dapat mencapai 40 ton rumput segar per hektar lahan. Kandungan protein rumput raja lebih tinggi daripada rumput gajah, selain itu juga mengandung lemak, abu, betakaroten, kalsium, dan fosfor. Pemotongan daun rumput raja saat panen harus menyisakan tanaman sekitar 10-15 cm dari permukaan tanah. Beberapa minggu setelah pemotongan rumput sudah tumbuh subur kembali. Rumput raja berusia panjang, produksi rumput raja sangat tinggi, dan dapat diawetkan dalam bentuk silase. Pertumbuhan batangnya membutuhkan ketersediaan air yang cukup. Jumlah kadar air dalam pelepah daun menjadi salah satu faktor tumbuh cepat dan lambatnya batang rumput raja. Perbanyakan tanaman king grass ini dapat menggunakan stek batang atau penyobekan rumpun. Tanaman ini dimanfaatkan sebagai pakan hewan seperti domba, sapi, dan kuda.

Sumber : indosuplai.com

Maka dari itu keberhasilan usaha ternak sapi, kambing dan domba sangatlah bergantung dari ketersediaan pakan hijauan dengan jumlah cukup serta nutrisi yang banyak.

Demikianlah ulasan kami terkait meningkatkan hasil peternakan menggunakan rumput raja untuk pakan ternak. Semoga anda menjadi lebih tau tentang banyak manfaat dari  berbagai khasiat yang dikandung rumput raja Kingg Gress ?.

Jika anda berminat menanam dan membudidayakan rumput raja untuk pakan ternak, kami menyediakan bibit rumput raja unggulan untuk menjadi bibit pilihan untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak anda. Info dan Pemesanan Klik Dibawah ini

Pemesanan Bibit rumput Raja( Kingg Grass ) Kunjungi website kami KLIK DISINI>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *