Lengkap Cara Menanam Sayuran Hidroponik Yang Mudah

Indosuplai.com-

Cara menanam sayuran hidroponik adalah kegiatan bercocok tanam yang dilakukan tanpa tanah melainkan air yang mengandung nutrisi-nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Kalian bisa menggunakan  porus seperti sterofoam, pasir.

Dengan menanam memakai cara hidroponik, maka hasil panen akan lebih cepat. Namun Anda juga harus memperhatikan aspek lain yaitu; ketepatan dalam pemberian nutrisi, intensitas cahaya, dan juga suhu di sekitar tanaman tumbuh. Bagi Anda yang pemula, hal yang harus Anda perhatikan adalah air nutrisi yang benar-benar tepat dan dapat terserap dengan sempurna. Hal ini karena dengan memakai cara hidroponik, maka nutrisi yang didapatkan hanya melalui air nutrisi saja.

Cara Menanam Sayuran Hidroponik

Sumber : indosuplai.com

Bagi yang mempunyai hobi berkebun, cara hidroponik ini dapat menghilangkan stress. Tapi bagaimana ya cara membuat tanaman hidroponik? Jangan khawatir, pada artikel ini akan dibahas cara menanam hidroponik sehingga hasilnya bisa dikonsumsi oleh keluarga.

Cara menanam hidroponik

Ada beberapa cara untuk melakukan bertanam hidroponik :

1. Cara menanam hidroponik menggunakan PIPA

Cara ini merupakan cara paling populer yang digunakan oleh banyak orang dalam mengaplikasikan cara menanam hidroponik.

Cara menanam :

  1. Siapkan beberapa pipa atau talang, dan pompa.
  2. Lubangi pipa sesuai dengan panjangnya. Pastikan jarak satu lubang dan lubang yang lain sama.
  3. Susun pipa atau talang yang dipersiapkan untuk menjadi tempat menanam tanaman.
  4. Siapkan penampung pada ujung pipa yang lebih rendah.
  5. Pasang pompa untuk mengalirkan air nutrisi agar alirannya maksimal
  6. Cara satu ini memiliki konsep dasar menanam akar tanamannya tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam dan menjaga sirkulasinya agar tanaman tetap mendapat nutrisi, oksigen, dan air secara baik dan tercukupi.

Panduan Menanam Sayuran Hidroponik Sederhana

Berikut ini panduan step by step untuk menanam sayuran hidroponik sederhana yang harus kalian perhatikan

1. Penyiapan Benih Tanaman Hidroponik

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah tahap persiapan benih. Untuk persiapan benih sendiri sama dengan cara bertanam tanaman biasa.
Anda bisa mendapatkan benih tersebut dengan membuatnya sendiri atau membeli benih yang sudah siap ditanam di toko pertanian.
Bagi pemula sendiri lebih dianjurkan untuk membeli benih yang sudah jadi di toko pertanian saja atau membelinya secara online di toko-toko online pertanian yang sudah banyak sekali.
.
.
Setelah anda mempunyai benih tanaman yang akan dibudidayakan, langkah selanjutnya adalah tebar atau semai benih tersebut.
Tempat penyemaian yang biasa digunakan adalah rockwool. Rockwool sangat praktis karena mempunyai daya serap air yang tinggi dan steril. Rockwool ini juga sekaligus bisa anda beli pada saat membeli bibit.

2. Penyiapan Media Tanam Hidroponik

Setelah benih selesai kita proses seperti cara di atas, maka langkah selanjutnya adalah penyiapan media tanam hidroponik.

Anda bisa menggunakan campuran sekam bakar dan pasir kerikil, atau campuran rockwool dan pasir kerikil, atau menggunakan sabut kelapa.

Tempatkan media tanam pada wadah yang kalian inginkan seperti pot atau kaleng bekas. Jika benih sudah cukup umur pindahan ke media tanam.

  • Kriteria Media yang Baik
  1. Tidak mempengaruhi larutan nutrisi
  2. Tidak menghambat sistem pengairan
  3. Mempunyai pori pori yang baik untuk pengairan

Setiap media tanam mempunyai keunggulan masing-masing. Media rockwol termasuk yang paling banyak dan sering digunakan dalam bertanam hidroponik.

3. Pemberian Nutrisi

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, media hidroponik ini tidak menggunakan tanah, maka tanaman membutuhkan nutrisi dari luar, terlebih yang kita berikan.
Dosis atau ukuran nutrisi yang diberikan harus dihitung dengan presisi antara jumlah unsur makro dan mikro agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman berlangsung dengan baik.
Gunakan nutrisi hidroponik yang sesuai dengan jenis tanaman yang ditanam.
Kalian bisa meracik sendiri atau membeli nutrisi hidroponik di pasaran. Pemberian nutrisi bisa dengan cara disiram manual waktu pagi dan sore hari.
Sumbu (bisa dari kapas, sumbu kompor atau kain bekas)  akan mengalirkan nutrisi ke semua bagian tanaman. Teknik WICK ini merupakan salah satu metode hidroponik sederhana.

4. Perawatan Tanaman Hidroponik

Tahap selanjutnya dari cara menanam sayuran hidroponik adalah tahap perawatan. Perawatan tanaman dengan teknik hidroponik ini tidak jauh berbeda dengan tanaman pada metode penanaman biasa, seperti pemangkasan, pembersihan gulma dan sebagainya.

Sumber : indosuplai.com

Demikianlah ulasan kami terkait cara menanam sayur Hidroponik yang benar Semoga Anda dapat terinspirasi untuk juga ikut menanam sayuran Hidroponik untuk mendapat hasil sayuran sediri berbagai khasiat yang dikandungnya.

Semoga artikel berikut dapat membantu anda untuk membudidayakan sayuran Hidroponik dengan baik ? .

Anda berminat menanam dan membudidayakan sayuran Hidroponik, kami menyediakan bibit sayuran unggulan untuk menjadi bibit pilihan untuk kebun sayur mini anda. Info dan Pemesanan Klik Dibawah ini

INFO DAN PEMESANAN KLIK DISINI>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *