Lahan Anda Sempit ! Berikut Beberapa Cara Menanam Sayuran di Pekarangan Rumah

Indosuplai-

Menanam tanaman terutama sayuran di kebun adalah cara yang sangat efektif untuk menghemat uang dan menghasilkan sayur mayur yang sehat untuk dapur Anda. Anda tidak perlu banyak ruang untuk menanam sayuran segar, rempah-rempah, dan buah-buahan. Anda bahkan tidak benar-benar membutuhkan taman.

Anda tertarik berkebun? Aktivitas yang ini bisa Anda nikmati, sekalipun Anda harus berkebun di lahan sempit.

Punya hobi berkebun konon memberikan segudang manfaat, salah satunya:

  • Membuat rumah tampak lebih hijau.
  • Membuat udara di rumah jadi sejuk.
  • Mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi.

Cukup banyak manfaatnya, ya.

Kamu mulai tertarik, tapi… Masih bingung karena keterbatasan halaman?

Berikut ini cara membuat kebun sayur di pekarangan rumah yang bisa anda buat sendiri dengan mudah.

Budidaya Sayur di lahan sempit Metode Vertikultur

Sumber : indosuplai.com

Cara Menanam Sayur dengan Hidroponik

Berkebun dengan cara hidroponik ini juga dapat dijadikan sebuah pilihan, cara hidroponik ini dapat dilakukan dengan menggunakan botol-botol bekas. Pertama botol harus dipotong menjadi dua bagian. Bagian atas botol dipasang sumbu dengan cara dilubangi, hal ini dilakukan juga sebagai upaya memberikan aliran udara pada tumbuhan. Setelahnya bagian atas botol diisi dengan pasir, sekam, dan pecahan bata sebagai media tanam. Jika sudah selesai, sebarkan bibit tanaman ke dalam media tanam. Kemudian masukkan bagian atas botol ke dalam bagian bawah botol dengan cara dibalik. Siapkan air yang telah dicampur dengan unsur hara, dan siramkan.

Tahapan membuat kebun sayur hidroponik akan dijelaskan secara lengkap berikut ini.

  • Siapkan alat dan bahan untuk membuat kebun sayur hidroponik
  • Bersihkan botol plastik 1 liter, lalu belah menjadi 2 bagian menggunakan pisau
  • Lubangi bagian belahan botol plastik yang ada bibit mulut botol sebagai ventilasi untuk tanaman secukupnya
  • Tempatkan belahan yang ada bibir mulut botol terbalik dan tempatkan pada belahan yang satunya
  • Masukkan bibit tanaman hidroponik sembari menempatkan rockwool
  • Beri air bagian botol plastik bagian bawah secukupnya
  • Simpan di dekat jendela atau ruangan yang mendapatkan sinar matahari
  • Anda bisa membuatnya lebih dari satu

Cara Menanam Sayur dengan Polybag

Bercocok tanam sayuran dalam pot pastinya memiliki cara yang berbeda pastinya, baik dalam penanaman maupun dalam perawatan, penggunaan pot tentu sudah tidak asing lagi didengar telinga. Pot menjadi salah satu cara menanam sayuran di pekarangan rumah, karena kemampuannya untuk menghemat kebutuhan lahan. Peranan pot juga dapat digantikan oleh polybag untuk menghemat biaya. Pot yang memiliki banyak jenis seperti tanah liat, plastik, semen, dan logam juga dapat menjadi pilihan sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Sumber : indosuplai.com

Berikut ini merupakan langkah-langkah menanam tanaman sayur dengan polybag:

  • Pertama, siapkan polybag atau plastik hitam, kemudian jangan lupa lubangi bagian dasarnya dengan menggunakan pelubang kertas, sehingga nantinya sirkulasi air dapat berjalan dengan baik.
  • Kemudian, mulailah masukkan media tanam berupa tanah dan juga pupuk kandang ke dalam polybag dengan rasio 1:1, namun jangan sampai polybag terisi penuh. Isilah polybag dengan media tanam hingga ketinggian media tanam berjarak 5 cm dibawah ketinggian permukaan polybag.
  • Setelah itu, tanam bibit tanaman sayuran yang Anda kehendaki ke dalam polybag. Setelah itu, timbun akar bibitnya dengan tanah dan pupuk hingga ketinggiannya hampir menyentuh permukaan polybag.
  • Mulailah lakukan perawatan dengan melakukan penyiraman setiap hari 1 kali pada sore hari. Selain itu, pemberian pupuk kimia atau organik bisa dilakukan setiap 30 hari sekali.

Cara Menanam Sayur dengan Bambu

umumnya jenis tanaman sayur yang bisa dibudidayakan dengan media tanam berupa bambu adalah tanaman dengan usia yang pendek dan juga batang yang tidak terlalu kokoh. Penasaran dengan langkah-langkah cara bertanam sayur di rumah dengan memanfaatkan bambu? Berikut ulasannya untuk Anda.

Teknik Budidaya Sayur di lahan sempit dengan Vertikultur Bambu

Sumber : indosuplai.com

Berikut merupakan langkah-langkah menanam tanaman sayur dengan memanfaatkan bambu:

  • Cukup siapkan sebilah bambu dengan panjang yang Anda kehendaki dan gunakan kayu, bambu, atau apapun itu untuk menyangga bambu tersebut secara horizontal.
  • Setelah itu, lubangi bagian sambungan bambu dengan menggunakan pisau. Nah, lebar lubang ini kiranya disesuaikan dengan besar tanaman yang akan Anda tanam.
  • Setelah itu, Anda bisa mulai memasukkan media tanam seperti tanah dan juga pupuk kandang ke dalam lubang tersebut dengan rasio 1:1, namun jangan sampai lubang terisi penuh.
  • Tanam bibit ke dalam lubang yang sudah terisi tanah dan pupuk kandang, kemudian timbun akar bibit tanaman dengan tambahan tanah dan pupuk kandang hingga lubang terisi penuh.
  • Lakukan perawatan dengan penyiraman secara berkala sehari sekali dan pemupukan pupuk kompos sebulan sekali.

Cara Menanam Sayur Secara Vertikal

Sistem vertikal ini juga sangat meminimalisir sebuah pekarangan rumah yang akan dijadikan sebuah kebun mini yang bermanfaat, sistem vertikal adalah kebun yang disusun secara vertikal dari atas ke bawah. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan pot-pot yang digantung atau ditempel, atau juga dibuat dalam bentuk rak-rak bertingkat. Pot juga dapat diganti dengan paralon bekas untuk menghemat biaya.

Berikut merupakan langkah-langkah menanam tanaman sayur secara vertikal dengan pipa pralon:

  • Pertama, siapkan pipa pralon dengan diameter minimal 10 cm, agar nantinya tanaman sayur dapat berkembang dengan baik. Nah, selain itu siapkan juga tali yang digunakan untuk menggantung pipa pralon tersebut. Gunakan tali yang kuat, semisal dengan menggunakan tali tambang.
  • Setelah itu, setengah diameter pipa pralon tersebut dilubangi di sepanjang permukaannya dengan gergaji, namun jangan sampai ujung pipa. Hasilnya, pipa pralon nantinya memiliki setengah bagian yang masih tertutup pipa dan setengah bagian yang sudah bolong akibat dilubangi.
  • Kemudian, tutup bagian ujung-ujung pipa pralon dengan menggunakan plastik agar nantinya media tanam tidak tumpah, dan gantungkan pralon tersebut dengan bantuan tali tambang yang sudah Anda siapkan.
  • Setelah itu, barulah Anda memasukkan media tanam berupa tanah dan pupuk kandang dengan rasio 2:1, namun jangan diisi hingga pipa pralon terisi penuh.
  • Kemudian, tanam bibit tanaman sayur yang Anda kehendaki di dalam pipa pralon tersebut. Setelah itu, timbun akar bibit tersebut dengan tanah dan pupuk hingga pipa pralon terisi dengan media tanam.
  • Lakukan perawatan dengan penyiraman secara berkala sehari sekali dan pemupukan menggunakan KCL dan urea masing-masing 20 gram yang dilarutkan ke dalam 10 L air. Lakukan pemupukan setiap seminggu sekali.

Cara Menanam Sayur dengan Botol Bekas

Metode bertanam unik dan juga sederhana adalah dengan memanfaatkan botol bekas. Dengan memanfaatkan botol bekas sebagai media tanam, tentu saja Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan. Botol minuman merupakan suatu barang yang dapat Anda temukan dengan mudah dimana saja. Selain itu, menanam sayur dengan botol tidak memerlukan peralatan yang canggih dan juga ramah lingkungan tentunya.

Sumber : indosuplai.com

Pada dasarnya, hampir semua jenis tanaman sayur bisa dibudidayakan dengan menggunakan botol bekas. Nah, ada baiknya Anda menanam tanaman sayur yang memiliki usia pendek, namun memiliki batang yang tidak besar seperti bayam, cabe, kangkung, terong, tomat, sawi, dan lain-lain. Dengan usia yang pendek, maka Anda dapat segera memanen hasilnya dan menggantinya dengan tanaman sayur yang baru.

Berikut langkah-langkah menanam tanaman sayur dengan memanfaatkan botol bekas:

  • Siapkan botol bekas air mineral, kemudian potonglah menjadi 2 bagian.
  • Kemudian, gunakan potongan botol yang ada bagian dasar botolnya. Hindari menggunakan potongan botol yang ada tutup botolnya.
  • Setelah itu, mulailah memasukkan media tanam seperti tanah dan juga pupuk kandang ke dalam botol tersebut dengan rasio 1:1.
  • Jika sudah, maka Anda dapat memasukkan bibit sayuran ke dalamnya dan timbun lagi akar bibit tersebut dengan tanah dan juga pupuk kandang.
  • Mulailah proses perawatan dengan menyiramnya sehari sekali. Jangan lupa juga untuk memberikan pupuk kompos setiap sebulan sekali untuk mendukung tumbuh kembang tanaman.

Budidaya Sayur di lahan sempit

Sumber : indosuplai.com

Demikianlah ulasan kami terkait cara menanam sayur di lahan pekarangan yang sempit yang benar . Semoga Anda dapat terinspirasi untuk juga ikut menanam sayuran di halaman untuk mendapat berbagai khasiat yang dikandungnya.

Semoga artikel berikut dapat membantu anda untuk membudidayakan sayuran di lahan perkarangan dengan baik ? .

Anda berminat menanam dan membudidayakan sayuran di halaman rumah, kami menyediakan bibit sayuran unggulan untuk menjadi bibit pilihan untuk kebun sayur mini anda. Info dan Pemesanan Klik Dibawah ini

Kunjungi website kami KLIK DISINI>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *